Piala Dunia 2010

Piala Dunia FIFA 2010 adalah Piala Dunia FIFA ke-19, suatu kejuaraan sepak bola internasional, yang putaran finalnya berlangsung pada 11 Juni sampai 11 Juli 2010 di Afrika Selatan. Ini adalah pertama kalinya turnamen ini diselenggarakan oleh negara yang terdapat di wilayah konfederasi CAF, sehingga menyisakan OFC sebagai satu-satunya konfederasi yang belum pernah menyelenggarakan Piala Dunia FIFA.

Pemilihan tuan rumah
Lima negara yang menjadi calon tuan rumah adalah:
Mesir
Libia
Maroko
Afrika Selatan
Tunisia

Pada 14 Mei 2004, Tunisia mundur setelah tidak diperbolehkan untuk menjadi tuan rumah bersama dengan Libia.
Pada 15 Mei 2004, Komite Eksekutif Fédération Internationale de Football Association di Zurich memilih dengan hasil 14 suara berbanding 10 untuk kemenangan Afrika Selatan atas Maroko. Mesir tidak mendapatkan suara. Libya didiskualifikasi dari pemilihan setelah negara tersebut menyatakan hanya mau menjadi tuan rumah bersama dengan Tunisia.


Kualifikasi
Selaku tuan rumah penyelenggara, Afrika Selatan melaju ke putaran final secara otomatis. Namun, Afrika Selatan juga mengikuti babak kualifikasi Zona Afrika karena kualifikasi ini juga merupakan babak kualifikasi untuk Piala Afrika 2010. Hal itu membuat mereka menjadi tim tuan rumah pertama yang berpartisipasi dalam kualifikasi sejak Piala Dunia FIFA 1934. Seperti untuk musim sebelumnya, juara bertahan, yakni Italia, wajib mengikuti babak kualifikasi dan tidak mendapatakan tempat secara otomatis.

Pengundian untuk babak kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010 berlangsung di Durban, Afrika Selatan pada 25 November 2007.
Maskot
Ofisial maskot piala dunia 2010 adalah Zakumi lahir pada 16 Juni 1994. Zakumi adalah seekor macan tutul dengan rambut nyentrik berwarna hijau, Zakumi lahir tanggal 16 Juni 1994 yang bertepatan dengan hari pemuda di Afrika Selatan. Pada tahun 2010 Zakumi akan berusia 16 tahun, yang akan dirayakan secara global dengan tajuk piala dunia 2010.
Nama Zakumi berasal dari kata “Za”, kode untuk Afrika Selatan, dan “kumi”, sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika
Tempat penyelenggaraan 10 stadion di 9 kota di Afrika Selatan ditunjuk untuk menyelenggarakan turnamen ini.

Pengundian putaran final
Komite Organisasi FIFA menyetujui prosedur pengundian pada 2 Desember 2009. Pengelompokkan tim diputuskan untuk berdasarkan Peringkat Dunia FIFA edisi Oktober 2009 dan 7 tim terbaik bergabung dengan tuan rumah dalam satu pot. Komite Organisasi juga menyetujui prosedur pengundian final. Pot 2 berisi tim – tim dari Asia, Amerika Utara, Tengah, dan Karibia, serta Oseania. Pot 3 berisi tim – tim dari Afrika dan Amerika Selatan, sementara pot 4 berisi tim – tim dari Eropa yang tidak tergabung dalam pot 1.

Tuan rumah Afrika Selatan ditempatkan secara otomatis di A1, sementara tim lainnya diundi di grup B – H, namun selalu di posisi di grup mereka. Grup diundi dari A sampai H dan posisi grup diundi untuk pot 2 sampai 4. Kriteria geografik juga diperhatikan, sehingga tidak akan ada 2 tim dari satu konfederasi yang sama, kecuali untuk tim – tim Eropa, di mana maksimal 2 tim Eropa berada di satu grup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: